Batas Pelaporan SPT Tahunan Semakin Dekat, KP2KP Sungaipenuh Minta Arahan Bupati Kerinci

0
280
Kunjungan KPP Bangko dan KP2KP Sungaipenuh kepada Bupati Kerinci Adi Rozal ( fhoto/kp2kp)

KERINCIINDEPENDENT.COM- KP2KP Sungai penuh terus melakukan sosialisasi Dalam usaha memberikan pengertian terkait urusan pajak dan pelaporan SPT tahunan, KP2KP Sungai Penuh mendapat dukungan penuh Bupati Kerinci, H Adi Rozal.

Jumat (22/3) KPP Bangko didampingi KP2KPSungai Penuh menggelar silatulrahmi dengan Bupati Kerinci H Adi Rozal dengan tujuan meminta arahan Bupati Kerinci.

Kepala KPP Bangko didamdingi kepala KP2KP Sungaipenuh di rumah dinas bupati kerinci (fhoto/ist)

Kepala KPP Bangko, Maulana mengaku pihaknya sengaja ke rumah dinas Bupati Kerinci, selain bersilatulrahmi juga meminta saran dari Bupati Kerinci yang terbilang respon akan pajak di Kerinci.

“Sejauh ini tingkat kepatuhan pajak masyarakat sudah mencapai 80 persen, itu menunjukkan masyarakat sudah semakin sadar membayar pajak, ini semua berkat dukungan dari pemerintah daerah,
ungkapnya.

Dilanjutnya sudah 50 instansi baik dalam Kabupaten Kerinci maupun Sungai Penuh yang didatangi pihaknya guna mensosialisasikan dan menghimbau masyarakat wajib pajak untuk melaporkan SPT tahunannya.

Dalam beberapa waktu ini pihaknya terus berbenah dalam usaha mempermudah pelaporan SPT bagi masyarakat maupun badan, yakni dengan pelaporan SPT secara online dengan e-filling dan secara langsung ke kantor KP2KP.

Baca Juga  Bupati Kerinci Sampaikan APBD Perubahan

“Sejauh ini sudah berjalan dengan baik, itu artinya masurakat sudah sadar melaporkan SPT, sehingga tidak terkena denda karena keterlambatan pelaporan,”terangnya.

Kepala KP2KP Sungai Penuh, Edi Satria menjelaskan pihaknya terus melakukanse himbauan agar masyarakat, ASN hingga Badan untuk segera melaporkan SPT nya.

Ditambahkannya, pelaporan SPT sendiri atau orang perorang merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat selaku wajib pajak, untuk itu masyarakat maupun badan selaku wajib pajak harus melaporkannya.

“Kita ingin semua masyarakat dan badan serta wajib pajak lainnya bisa melaporkan SPT tahunan, sebagai bentuk keharusan dan kepedulian terhadap perpajakan sehingga terjalin tertib administrasi,”sebutnya.

Dalam usaha membantu masyarakat dalam pelaporan SPT, lanjutnya pihaknya dalam beberapa hari terakhir menambah waktu pelayanan untuk pelaporan SPT bagi masyarakat dan Badan.

“Kantor kita buka dari pukul 07.00 wib hingga pukul 17.00 wib, untuk membantu masyarakat dalam pelaporan SPT, selama ini kami selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Kami menghimbau semua masyarakat untuk segera melaporkan SPT nya,”harapnya.

Baca Juga  Sabtu, KAHMI Kerinci Akan Gelar Musda Ke 3.

Sementara itu, Bupati kerinci, H Adi Rozak menjelaskan semua masyarakat terutama masyarakat wajib pajak. Dia meminta masyarakat dan badan yang ada di Kerinci segera membayar pajak tepat waktu.
“Agar nantinya tidak kena denda, saya juga mengingatkan kepada masyarakat maupun badan usaha jangan mencoba memanipulasi data, nanti ketahuan akan lebih sulit. Karena laporan kita akan diperiksa

“Masyarajat Kerinci cenderung mau jual tanah mahal dengan laporan berupa SPT rendah, Padahal harga tanah harus jelas NJOP, semakin tinggi NJOP semakin tinggi harga tanah, Kalau ketahuan akan dilaporkan dan diperiksa, begitu juga pajak rumah yang sudah renovasi, harus dilaporkan ini namanya PBB,”ungkapnya.

Ditanya bagaimana dengan laporan SPT Pejabat dan Kerinci, dia menjelaskan untuk pejabat sudah diintruksikan paling lambat harus selesai LHKPN kecuali ada persoalan.

“Saya mengajak semua masyarakat Kerinci serta badan usaha dan semua wajib pajak untuk segera melaporkan SPT tahunannya, jangan sampai terlambat. Karena sebagai warga negara yang baik kita harus taat pajak,”pintanya.(adv)

Reporter : Jefrigo
Editor : Lemyyose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here