Danau Limo (5) Gn. Batuah” Mungkin kah Lempur merupakan sebuah Kaldera Gn.api?

0
665

Oleh : Dr Eng. Akamaludin Thalib (Pakar Geologi Univ Gadjah Mada Jogyakarta)

Danau Limo di Lempur ini terdari dari 5 buah danau yaitu Danau Kaco, Danau Duo, Danau Nyalo, Danau Lingkat dan Danau Kecik. Uniknya 5buah danau ini berada di satu lokasi, yaitu di Gn. Batuah dan masuk ke dalam satu desa.

Dari citra terlihat bentukan Conical Hill atau bukit-bukit runcing. Umumnya bukit seperti ini merupakan ciri daerah Kars batugamping atau merupakan bukit-bukit Intrusi magma.

Dari peta geologi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi, daerah ini tersusun oleh batuan lava riolit, dasit, tuf, breksi gunungapi dan batuapung, sehingga besar kemungkinan terbentuknya danau-danau ini juga erat hubungannya dengan proses volkanisme atau letusan gunungapi.

Baca Juga  HKKN Rilis Rekomendasi Rakernas, Ini Kata Kadis Pariwisata Kerinci

Danau ini kemungkinan terbentuk akibat letusan kecil pada dinding gunung atau kaldera, letusan kecil ini membentuk lubang dan kemudian terisi oleh abu vulkanik (tuff) yang sifatnya kedap air (impermeable) sehingga lubang tersebut setelah diisi oleh air hujan menjadi danau.

Dari hasi survey ditemukan batuan lava berupa riolit dengan struktur kekar tiang, bentukan tiang ini akibat pendinginan lava yang mengalir, sehingga bisa disimpulkan Gn. Batuah dan danau2 ini merupakan bagian dari sistem gunungapi.

Yang tidak kalah menariknya adalah dari citra daerah Lempur terlihat seperti pola melingkar, dari besarnya diameter lingkaran, jika ini sebuah gunungapi maka merupakan sebuah Kaldera, dan gunung kerucut serta danau limo ini berada di dalam lingkaran Kaldera tersebut.

Baca Juga  Study komperehensif di pekanbaru, wartawan sungai penuh dijamu HKK Riau.

Ini baru hipotesis awal, untuk Memastikan, perlu survey dan penelitian lebih lanjut. Bisa saja pola melingkar tersebut hanya merupakan pola patahan/sesar.

Paling tidak, Kerinci bagian Selatan punya keindahan danau yang sangat memukai selain danau Kerinci dan Danau gunung tujuh, yaitu Danau nan Limo di Lempur.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here