Festival Pesona Metti Kei dimeriahkan dengan Gowes Nusantara di Maluku Tenggara

0
411
Fenomena alam "METTI KEI" dimana air surut sangat jauh dari bibir pantai normal

KERINCIINDEPENDENT.COM Langgur, Maluku Tenggara – Dengan mengambil titik start di depan kantor DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, pada Sabtu (26 Okt) pagi, Staf Ahli Menpora RI bidang Ekonomi Kreatif, Jonni Mardizal bersama Bupati Maluku Tenggara Mohammad Taher Hanubun melepas
Gowes Nusantara etape Pesona Metti Kei di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara.

Staf ahli menpora, menyampaikan sambutannya

Gowes Nusantara kali ini diikuti oleh lebih dari 2000an peserta dari berbagai klub bersepeda di Maluku Tenggara dan Kota Tual serta masyarakat umum dan karyawan Pemerintah maupun swasta, Pelajar mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA/SMK di Maluku Tenggara.

Disamping itu Gowes Nusantara tahun ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Festival Pesona Meti Kei ke 4 tahun 2019.

Dengan bersepeda menyusuri jalan di kota Langgur yang menempuh jarak sekitar 15 km dan berakhir di pantai Desa Ohoidertavun, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Staf Ahli Menpora RI dan Bupati Maluku Tenggara, bersama para goweser dan forum komunikasi pimpinan daerah, disambut dalam upacara penyambutan masyarakat adat.

Baca Juga  Dirut RSUD MHAT Tegaskan, Setiap Pelayanan Di Rumah Sakit Tetap Mengacu Kepada Standar Pelayanan Operasional

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh hampir 2 km menyusuri pantai yang surut mencapai 1 km dari bibir pantai normal, air surut itulah yang disebut dengan metti Kei.

Metti artinya air yang sedang surut, tapi air surut di Kei tidak hanya terjadi pada bibir pantai, melainkan panjang surut air lautnya bisa sampai ratusan meter yang memperlihatkan lautan bagaikan lapangan yang luas. Ketika sedang surut, masyarakat memanfaatkan momen tersebut untuk menangkap ikan dengan tangan sendiri. Di tempat inilah dilaksanakan acara pembagian hadiah gowes Nusantara kali ini.

Kegiatan staf ahli menpora Jonni mardizal yang mewakili menpora pada festival METTI KEI dan Gowes Nusantara di Maluku tenggara

Dalam kesempatan tersebut, Jonni Mardizal menyampaikan Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Yang berkenan sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan Gowes Nusantara ini.

Baca Juga  HTC Launches Another Selfie-Phone With an UltraPixel Display

Selanjutnya jonni berharap agar event ini dapat dijadikan sebagai tambahan penarik bagi wisatawan Yang berkunjung ke Pulau Kei yang Sangat indah ini, serta adanya fenomena alam Metti Kei.

Sementara itu Bupati Maluku Tenggara, M.Taher Hanubun mengatakan, pola hidup sehat harus terus dijalankan, tidak hanya sebagai hobi tetapi kebutuhan.

“hidup sehat itu dimulai dari diri sendiri, bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang murah meriah dan dapat dilakukan semua orang dari semua kalangan, maka dengan bersepeda kita telah memulai pola hidup sehat yang nantinya berimbas pada kesehatan kita sendiri, selain hobi yang dapat dilakukan untuk mempererat tali silahturahim antar sesama.” Ujarnya.

Reporter: jefrigo/Maulana
Editor :. Lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here