Geliat Pembangunan Desa Pasar Sungai Tanduk, Kerja Nyata PJs Kades Efri Donal

0
758
Peresmian Rumah Tahfidz Nurul iman Desa pasar Sungai Tanduk

KERINCI– Desa Pasar Sungai Tanduk adalah sebuah Desa yang terletak di kecamatan Kayu AroKabupaten KerinciJambiIndonesia. Desa ini dibentuk pada tahun 2011 dari pemekaran Desa Sungai Tanduk.

Desa Pasar Sungai Tanduk berada di dataran tinggi Kerinci , dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, bulan Desember 2019 lalu bersama 91 Desa lainnnya di Kerinci, Desa Pasar Sungai tanduk sukses menggelar pilkades, guna mencari pemimpin baru untuk lima tahun kedepan.

Sukses melaksanakan Pilkades pasar sungai tanduk

Kesuksesan ini tentunya merupakan salah satu indikator keberhasilan sang penjabat sementara (PJs) Kepala Desa Pasar Sungai tanduk Efri Donal, dimana mensukseskan pelaksanakan pemilihan Kepala Desa sampai terpiliihnya Kepala Desa yang baru, merupakan tugas yang harus diembannya .

” Alhamdulillah, Pilkades sudah kita laksanakan dengan sukses tanpa ada kendala berarti,” ujar PJs Kades Pasar Sungai tanduk Efri Donal.

Sebagai PJs Kepala Desa Efri Donal memikul tanggung jawab yang tergolong berat guna memajukan pembangunan dan menjalankan pemerintahan di Desanya.

Semangat gotong royong warga Desa Pasar Sungai tanduk

Dengan modal kepercayaan dan semangat gotong royong dari warganya yang memang dikenal memiliki spirit gotong royong yang tinggi , tugas ini ia lakoni dengan penuh dedikasi.

” Saya membangun Desa Pasar Sungai tanduk dengan semangat gotong royong, semua potensi Desa saya berdayakan,” terang Efri Donal.

Baca Juga  Meminimalisasi penyebaran Virus Corona Covid-19, Ketum HKKN Himbau Warganya Lakukan Ini

Tahun 2019 lalu sepanjang menjabat sebagai penjabat sementara (PJs) Kepala Desa Pasar Sungai tanduk, Efri Donal tercatat telah menjalankan program pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di Desanya , program pembangunan yang ia lakukan berpedoman kepada Musrenbang dengan transparan serta melibatkan semua pemangku kepentingan di Desanya.

Musrenbangdes melibatkan semua pemangku kepentingan di Desa dan transparan

Kepada kerinciindependent Efri Donal memaparkan,  sesuai aturan,khusus  untuk pekerjaan fisik seperti pembangunan jalan setapak dan drainase ia terapkan dengan sistim Padat Karya Tunai (PKT), dimana tenaga kerja yang dipakai adalah masyarakat Desa Pasar Sungai Tanduk dengan sistim pembayaran upah langsung pada sore hari setelah bekerja.

” Kita ikut aturan sistim Padat Karya Tunai dalam pelaksanaan kegiatan fisik, ini sesuai juga dengan anjuran agama Berikan kepada seorang pekerjaupahnya sebelum keringatnya kering.” (HR. Ibnu Majah, shahih),” sebut Efri donal.

Kegiatan fisik menerapkan Padat Karya Tunai (PKT) sesuai aturan sore langsung terima upah

Selain kegiatan fisik, guna mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat , Efridonal selaku PJs Kades juga melaksanakan program pemberdayaan dengan jenis kegiatan diantaranya, pemberdayaan MTQ tingkat Desa, pelatihan Sablon, pelatihan tata boga, pelatihan teknik, pengelasan, kegiatan karang taruna , pelatihan perangkat Desa dan pelatihan penyelenggaraan jenazah

” Semua kegiatan pemberdayaan kita laksanakan dengan melibatkan unsur yang ada di Desa Pasar Sungai Tanduk,” terang Efri Donal.

Untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Kerinci di bidang kesehatan Masyarakat, Efri Donal selaku PJs Kades juga melaksanakan program upaya pencegahan Stunting ( Maslaah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang). Program ini dengan melibatkan stokholder di Desa seperti Bidan Desa, posyandu dan TP PKK desa.

Baca Juga  Awal Terbentuknya HKK Nasional
Kegiatan MTQ tingkat Desa Pasar Sungai Tanduk
Program pencegahan Stunting di Desa Pasar Sungai tanduk

Untuk meningkatkan pendapatan desa, Efri Donal mendirikan.BUMDES dengan jenis usaha penggemukam sapi, usaha ini diyakini akan.mampu menambah pendapatan Asli Desa sebesar 50 juta pada tahun 2021 mendatang.

BUMDES penggemukan sapi untuk mendongkrak PAD desa

Meskipun  telah bekerja keras membangun desanya,  Efri Donal mengakui masih saja ada nada- nada sumbang yang menyebutkan dirinya melakukan tindakan di luar aturan, namun ia tidak terlalu mempedulikan tudingan tersebut, karena apa yang ditudingkan tersebut tidak pernah ia lakukan.

Ia mencontohkan tentang PTSL atau PRONA , di kegiatan ini terangnya bahkan ia tidak punya andil sedikitpun, ketika dirinya ditunjuk sebagai PJs kepala Desa, kegiatan ini sudah selesai.

” ini saya betul betul tidak punya andil, ketika saya masuk di Desa ini panitia sudah terbentuk dan kegiatannya sudah selesai, saya tidak pernah ikut rapat, tidak pernah mengambil kebijakan dan tidak pernah pula membubuhkan tanda tangan,” terang Efri Donal.

Meskipun demikian, selaku pemimpin Efri Donal tetaplah berlapang dada, baginya yang terpenting adalah bagaimana hasil kerjanya selama menjadi PJs Kepala Desa bisa dinikmati oleh masyarakat Desa Pasar Sungai tanduk.

” Biasalah, karena saya sudah hampir selesai menjabat PJs , jadi sengaja saya di publis,” pungkas Efri Donal.

editor : Lemy yose

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here