Geliat Pembangunan, Desa Tanjung Pauh Talang Pelita “Kampung Kerinci” Di Muaro Jambi

0
674
Rustam, kepala Desa Tanjung Pauh Talang Pelita

KERINCIINDEPENDENT.COM,MUARO JAMBI-Terletak di kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi terdapat sebuah Desa yang penduduknya di huni oleh mayoritas warga asal Kerinci, Desa ini dinamai Tanjung Pauh Talang Pelita.

Pembukaan jalan baru guna mendukung ekonomi masyarakat Desa Tanjung Pauh Talang Pelita

Desa Tanjung Pauh Talang Pelita merupakan sebuah Desa hasil pemekaran dari Desa induk Tanjung Pauh beberapa tahun lalu. Tanjung Pauh Talang Pelita oleh masyarakat sering disebut dengan sebutan Paal 32, karena memang letak dari desa ini lebih kurang 32 kilo meter dari kota Jambi.

Dewasa ini Desa dengan mayoritas penduduknya bermata pencarian berkebun karet dan sawit ini tengah berbenah diri dengan geliat pembangunan di segala bidang, baik pemberdayaan masyarakat maupun pembangunan fisik.

Semenjak di pimpin oleh Kepala Desa Rustam, seorang putra Kerinci asal Tanjung Pauh hilir,Kerinci yang dilantik tgl 15 desember 2017 dua tahun lalu wajah Desa Tanjung Pauh Talang Pelita berubah drastis dari sebelumnya.

Setelah normalisasi sungai Talang Pelita, dilanjutkan dengan pembangunan jalan dari APBD muaro Jambi

Tahun ini Rustam yang akrab dengan sebutan “Rambo Mestong” ini sudah membangun pembukaan jalan baru sepanjang 13 Km sebagai akses bagi warganya mengangkut hasil perkebunan dan direncanakan tahun depan berlanjut 4 Km lagi.

” untuk akses masyarakat menuju dan membawa hasil perkebunan sudah kami bangun pembukaan jalan baru sepanjang 13 kilo.meter, InsyaAllah tahun depan kita lanjutkan 4 Kilometer lagi” sebut Rustam yang dikenal ramah dan murah senyum ini.

Baca Juga  Juara 1 FLS2N Provinsi Jambi, Grup Tari SMK 1 Sungai Penuh Akan Wakili Jambi Di Tingkat Nasional

Ditambahkan oleh Kades yang dikenal dekat dengan Bupati Masnah Busro ini, Selain pembukaan jalan baru tahun ini, tahun 2018 lalu juga sudah dibangun dari Dana Desa jalan setapak dan turap serta 5 unit sumur bor.

Presentasi Kawasan Kurma Indonesia, sebuah perkebunan Kurma yang akan dikembangkan di Talang Pelita, satu satunya di Prov jambi, bukti kehandalan lobby kades Rustam

Dikenal punya kelebihan dalam meloby, dan dekat dengan penguasa, Rustam juga telah berhasil membawa beberapa kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBD Kabupaten Muaro Jambi. Salah satunya Normalisasi Sungai yang selama ini menjadi penyebab seringnya terjadi banjir di Tanjung Pauh Talang Pelita.

” kalau dari dana APBD kita sudah berhasil mendapatkan proyek normalisasi sungai sepanjang 3.5 km dan jalan cor beton lebar dengan lebar 6 meter dan tinggi 1 meter di tempat sering banjir, sehingga kita harapkan bisa menanggulangi banjir nantinya” papar Rustam.

Selain program pembangunan yang telah dilaksanakan dari Dana Desa dan APBD, ternyata Rustam sebagai Kepala Desa juga telah berhasil membawa investor ke Desa Tanjung Pauh Talang Pelita.


Lahan kurma dan beginilah buah kurma yang akan menjadi komoditi unggulan Desa Tanjung Pauh Talang Pelita nantinya

Tidak tanggung tanggung, Rustam yang sudah diberi gelar Datuk dari warga Mestong ini, berhasil membawa investor dari PT. Kawasan Kurma Indonesia (KKI) yang akan menjadikan Desa Tanjung Pauh Talang Pelita sebagai sentra penghasil kurma indonesia masa depan.

” ya, saat ini Proses baru penanaman tahap pertama dan akan di lanjut ke tahap ke 2 sekarang luas lahan baru 16 hektar dan nantinya akan memperluas lebih banyak lagi sampai ratusan hektar” terang Rustam.

Baca Juga  Ini penampakan Alat Berat Sedang Mengerjakan Program Pengentasan Banjir Di Batang Bungkal

Rustam berharap, dengan dibukanya perkebunan Kawasan Kurma Indonesia (KKI) yang di Desa Tanjung Pauh Talang Pelita dinamai Kawasan Kurma Indonesia Jambi (KKIJ) dan satu satunya di provinsi Jambi ini Bisa menambah lapangan pekerjaan bagi warganya.

” ini komitmen saya dengan pihak PT.KKI dimana saya cuma minta mengutamakan warga setempat sebagai tenaga kerja nya sesuai dengan kemampuan ” tegas Rustam.

Menurut Rustam, Perkebunan kurma merupakan harapan baru bagi warga Tanjung Pauh Talang Pelita. Sebelumnya memang ada keraguan apakah kurma bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia, untuk memastikan kalau kurma ternyata bisa tumbuh dan berbuah selain di arab, ia bersama sama bupati Muaro Jambi Masnah Busro melakukan study banding ke perkebunan kurma di Thailand.

” ternyata kurma itu bisa tumbuh dan berbuah selain di Arab, kami.melihat langsung bagaimana suburnya kurma di Thailand ” urai Rustam.

Sangat jarang memang, seorang kepala Desa yang mampu mendatangkan investor ke wilayahnya, Kepala Desa Tanjung Pauh Talang Pelita merupakan satu diantaranya yang ternyata tidak hanya bisa mengelola pembangunan Desa tetapi juga mampu mendatangkan investor untuk meningkatkan ekonomi warganya.

Reporter : lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here