Hadi Suprapto Rusli (peneliti Indobarometer) : Cagub Dari Kerinci, Berpeluang Mendulang Suara Signifikan

0
442
Hadi Suprapto Rusli, peneliti Indobarometer

KERINCIINDEPENDENT.COM- Warga Kerinci berharap pada Pilgub Jambi tahun depan ada putra Kerinci yang ikut bertarung. Keinginan ini sangat beralasan mengingat sepanjang sejarah berdirinya Provinsi Jambi belum pernah ada pemimpin Jambi yang berasal dari Bumi Sakti Alam Kerinci.

” jangankan jadi Gubernur, jadi calon Gubernur saja baru bapak H. Ami Taher pada tahun 2010 lalu. Itupun hanya sebagai wakil dari Cagub Zulfikar Ahmad ” ujar Syaiful, salah seorang warga Kerinci.

Harapan masyarakat Kerinci agar ada putra Kerinci yang turut bertarung memperebutkan BH.1 tahun depan tampaknya bakal terealisasi. Saat ini terdapat nama nama tokoh Kerinci yang disebut sebut berpeluang untuk ikut kontestansi Pilgub Jambi 2020.

Mereka diantaranya adalah, Brigjen Pol Drs H. Syafril Nursal yang saat ini menjabat sebagai Ketua umum HKK Nasional sekaligus sebagai Ketua Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ), ada juga Walikota Sungai penuh Prof.Dr.H.Asafri Jayabakri (AJB) dan Bupati Kerinci Dr.H.Adi Rozal, serta praktisi hukum Ramli Taha.

Nama pertama disebut-sebut lantaran dinilai sebagai tokoh potensial pemersatu Jambi di perantauan yang memiliki nama besar sebagai tokoh Nasional asal Jambi dan belakangan ini sering terlihat akrab dengan salah satu Cagub di berbagai kesempatan. Namun, belum ada statement resmi tentang maju tidaknya jenderal polisi bintang satu ini.

Baca Juga  Hebat !! SMP 8 Sungai Penuh Raih Berbagai Prestasi Sepanjang 2018-2019

Ada juga Walikota Sungai penuh Prof.Dr.H. Asafri Jaya Bakri ( AJB) yang sudah secara terang terangan menyatakan diri akan ikut bertarung di ajang Pilgub Jambi tahun depan bahkan walikota Sungai penuh dua periode ini, sudah turun bersosialisasi ke berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Bupati Kerinci Dr.H.Adi Rozal juga disebut sebut bakal meramaikan persaingan pilgub Jambi, meski juga belum berstatemen resmi namun pertemuannya dengan beberapa bupati di Bungo beberapa waktu lalu menunjukkan sinyal bahwa ia juga bisa maju sebagai calon gubernur nantinya.

Demikian juga dengan pengacara Ramli Taha yang juga sudah mulai menunjukkan sinyal bakal maju di pilgub jambi.

Lantas seberapa besarkah peluang calon Gubernur asal Kerinci jika akhirnya ada yang ikut bertarung di pilgub jambi nantinya ? Peneliti INDOBAROMETER Hadi Suprapto Rusli kepada kerinci dependent.com menyebutkan, calon Gubernur yang berasal dari Kerinci bisa saja berpeluang mendulang suara yang signifikan jika hanya memunculkan satu orang calon saja.

” Bisa, siapa saja bisa mencalonkan diri. Dan bisa saja mendulang suara yang signifikan tergantung strategi kampanye yang digunakan dan jika hanya ada 1 calon dari etnis Kerinci ” ujar Hadi.

Baca Juga  Peduli Lingkungan, Satgas TMMD Buatkan Jamban Warga

Menurut Hadi Suprapto, siapapun putra Kerinci berpeluang untuk ikut pilgub Jambi dan didukung oleh masyarakat Kerinci, untuk itu ia menyarankan dari sekarang harus mempersiapkan tiket untuk bisa mencalonkan diri

” Peluang bisa saja, yang terpenting sekarang harus mendapatkan tiket pencalonan partai politik ” sebutnya.

Ditambahkannya, jika memang ada putra Kerinci yang benar benar serius untuk maju sebagai cagub Jambi, maka ia harus memulai sosialisasi dan meminta dukungan dari masyarakat.

Sekedar mengingatkan kembali, pada pilgub jambi tahun 2015, salah seorang putra terbaik Kerinci H. Ami Taher (wabup Kerinci-red) dipilih oleh Zulfikar Ahmad untuk mendampinginya sebagai cawagub. Saat itu faktor Ami Taher mampu membuat paslon ZA-AMI meraih suara terbanyak di Kerinci.

Potensi ini harus bisa dimamfaatkan secara maksimal oleh cagub asal kerinci nantinya dan raihan suara Ami Taher tahun 2010 lalu bisa menjadi tanda tanda bahwa masyarakat Kerinci sangat berharap akan adanya pemimpin jambi dari Bumi Sakti Alam Kerinci.

Reporter : Lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here