HIMAPINDO mengadakan Talk Show Kepemudaan di Universitas Pelita Bangsa

0
515
Jonni Maedizal, Staf Ahli Menpora RI Bidang ekonomi kreatif

KERINCIINDEPENDENT.COM CIKARANG- Dalam rangkaian kegiatan Silaturahmi Nasional Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (HIMAPINDO) tahun 2019, dilaksanakan Talk Show Kepemudaan dengan tema Menata Generasi Muda Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Acara ini bertempat di Universitas Pelita Bangsa Cikarang Jawa Barat, Sabtu (12 Oktober) siang.

Jonni menjawab pertanyaan yang diajukan peserta

Hadir Sebagai salah satu pembicara dalam talkshow tersebut, Staf Ahli Menpora bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal disamping pembicara lainnya, seperti dari Indef, Anggota DPR RI, Kementerian dan Lembaga terkait, akademisi dan praktisi kewirausahaan.

Pada kesempatan tersebut Jonni memaparkan terkait Mega Trend 2045, dimana Indonesia menuju 100 tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Disebutkannya, Setidaknya ada sepuluh kecendrungan besar Yang akan terjadi pada 2045 yakni Demografi Global, urbanisasi Dunia, peranan emerging economies, perdagangan International, keuangan Internasional, kelas menengah, persaingan Sumber daya alam, Teknologi, perubahan iklim dan perubahan geopolitik.

Untuk itu jonni mengajak anak muda Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi mega trend tersebut.

Bersama wakil rektor UPB dan ketua umum BPP HIMAPINDO dengan latar belakang peserta Talkshow

Diterangkan Jonni, Dari hasil susenas tahun 2018 Yang diterbitkan oleh BPS, diperoleh data bahwa dari 63,82 juta penduduk Indonesia yg berusia 16-30 tahun (pemuda Menurut UU no.40/2009) hanya 9,71 % Yang menamatkan Perguruan Tinggi, sedangkan jumlah terbesar adalah tamatan SMA/sederajat yakni sebesar 36,89 %, diikuti tamatan SMP/sederajat sebesar 32,18 %, malah masih ada Yang tidak tamat SD yakni 5.03%.

Baca Juga  Raih Juara Umum Atletik Pra Porprov, Ternyata Pelatih Tebo Adalah Putra Kerinci

Artinya, kata Jonni, masih Sangat diperlukan perluasan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi bagi pemuda Indonesia,

“teman-teman Yang hadir di ruangan ini termasuk yang beruntung mendapat kesempatan untuk belajar di Pergguruan Tinggi, maka oleh karenanya manfaatkan kesempatan ini dengan baik, jangan sia-siakan, karena anda yang akan memimpin dan mengelola negara ini menjelang 1 abad Kemerdekaan Indonesia” ujar Jonni yang merupakan tokoh Nasional asal Kerinci, Jambi ini.

Lebih lanjut jonni mengatakan, disamping mempersiapkan diri dengan meningkatkan kapasitas dan menambah pengetahuan melalui berbagai upaya, namun yang tidak kalah pentingnya adalah menguatkan karakter diri serta kemampuan daya saing. Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan kepemudaan sebagai mana tertuang dalam pasal 3 UU nomor 40 tahun 2009.

Baca Juga  Satu Warga Kerinci Positif Corona, Ini Himbauan Ketum HKKN

” Pemuda Yang berkarakter itu adalah pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha serta berakhlak mulia. Sedangkan pemuda Yang berkapasitas adalah pemuda yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan, Tidak ada arti seorang pemuda yang cerdas, namun tidak memiliki akhlak yang mulia, misalnya tidak menghargai atau tidak menghormati orang yang lebih tua, pungkas jonni.

Dalam talk show ini dihadiri oleh lebih dari 2000 mahasiswa dan anggota HIMAPINDO dari berbagai daerah di Indonesia. Turut hadir juga pada kesempatan ini Ketua Umum BPP HIMAPINDO Budyanto, Wakil Rektor Universitas Pelita Bangsa M. Hatta serta civitas accademica UPB Cikarang.

Reporter. : Jefrigo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here