HKKN Berperan Aktif Dalam Perjuangan Panjang Membawa Tour de Singkarak Ke Kerinci

0
669
Ketum HKK Nasional Brigjen Pol Drs H.Syafril Nursal bersama pengurus PB HKKN ketika melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam rangka memperjuangkan Kerinci dan Sungaipenuh menjadi etape Tuor de Singkarak

KERINCIINDEPENDENT.COM- Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai penuh (Provinsi Jambi) masuk dalam etape 7 dan 8 lomba balap sepeda jalan raya internasional Tour de Singkarak ke 11 tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 10 November 2019.

Surat resmi gubernur Jambi kepada Gubernur Sumbar dimana salah satu dasarnya adalah surat dari HKK Nasional

Perjuangan untuk meloloskan Kerinci dan Sungai penuh menjadi etape yang dilalui oleh Tour de Singkarak tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan loby dan pendekatan pendekatan dengan pemprov Sumbar selaku pihak yang memiliki “lisensi” TdS tersebut.

Selain Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungai penuh,Adalah PB HKK Nasional yang terlibat aktif mendorong agar Kerinci dan Sungai Penuh bisa dimasukkan menjadi atape Tour de Singkarak tahun 2019 ini. Berawal dari audensi delegasi PB HKK Nasional pada tanggal 26 Juni 2018 dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang.

Ketua umum HKKN Brigjen Pol Drs H.Syafril Nursal bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

“Kita turut mendorong pemprov sumbar agar bisa menjadikan Kerinci dan Sungai penuh masuk menjadi etape yang dilalui oleh TdS” ujar Ketum HKKN melalui sekjen Porseda Risman

Delegasi PB HKK Nasional saat itu terdiri dari ketua umum Brigjen Pol Drs H. Syafril Nursal SH MH, Ketua harian Dr.Basyarudin Thayib, Sekjen porseda risman,Ir. Havizal Rahman (teman dekat Irwan Prayitno), Ketua HKKN sumbar H. Tafyani Kasim, Indra Marosa,Dr. Zulherman dan Drs.Januarisdi.M.Si

Pada audensi dengan Gubernur Sumbar ini Pihak PB HKK Nasional juga mengikut sertakan pemkab Kerinci dan Pemkot Sungai penuh di mana kedua pemkab/kot ini masing masing diwakili oleh Kadis pariwisata Zulwachdi dan asisten 1 Kerinci Bambang Karyadi.

Baca Juga  Silaturrahmi Virtual Dengan Umat Khatolik Jambi, Fachrori Berkomitmen Menjadi Pemimpin Semua Golongan

Dalam pertemuan penuh keakraban di Padang tersebut, HKK Nasional mendorong, dan meminta Gubernur sumbar agar TDS 2019 dapat sampai ke kerinci dan kota sungai penuh.

Gayungpun bersambut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyetujui Sungai penuh dan Kerinci menjadi bagian dari etape yang akan dilalui oleh peserta Tour de Singkarak ke 11 Tahun 2019.

” ya, Gubernur Sumbar setuju dan memberikan arahan agar Pemprov Jambi mengirimkan surat resmi kepada Gubernur Sumbar tentang Tour de Singkarak ” terang Porseda.

Mendapat angin segar dari Gubernur Sumbar, seusai pertemuan dengan dengan Gubernur Sumbar,tepatnya tanggal 3 juli 2018 PB HKK Nasional langsung menyurati Gubernur Jambi perihal Tour de Singkarak diikuti surat dari Pemkab Kerinci juga tertanggal 12 juli 2019

Dalam surat ke Gubernur Jambi,PB HKK Nasional meminta kesediaan Gubernur Jambi agar menyurati Gubernur Sumbar meminta secara resmi agar Kerinci dan Sungai penuh masuk dalam etape Tour de Singkarak.

” sesuai arahan Gubernur Sumbar, HKKN menyurati Gubernur Jambi meminta agar Gubernur Jambi menyurati Gubernur Sumbar terkait perpanjangan etape TdS ke Prov Jambi ” Tambah Porseda

Akhirnya, pada bulan Desember 2018, pemprov Jambi mengirimkan surat resmi kepada Gubernur Sumbar meminta agar Provinsi Jambi (Kerinci dan Sungai penuh) dimasukkan menjadi etape TdS.

Baca Juga  Luar Biasa ! Jenderal Ini Buka Usaha Cafe, Hasilnya Untuk Membiayai TPA & Tahfidz Quran

” Alhamdulillah, pihak pemprov jambi juga merespons keinginan kita semua ” papar porseda

Serentetan perjuangan tersebut akhirnya membuahkan hasil pada juli lalu Gubernur Sumbar mengeluarkan SK Gubernur. Dimana dalam SK tersebut memutuskan Jambi masuk dalam dua etape dari 9 etape yang dilangsungkan pada 2 sampai 10 November rencanakan 2019 nanti.

Keikutsertaan Kerinci dan Sungai penuh merupakan sejarah baru untuk pelaksanaan TdS, karena sejak awal pelaksanaan pertama tahun 2009 hanya melibatkan kabupaten dan kota di Sumbar.

Masuknya Kerinci dan sungai penuh akan menjadi salah satu inovasi dan daya tarik baru dalam TdS 2019 tidak saja bagi warga Sumbar, tetapi juga warga Jambi.

Tour de Singkarak ke-11 akan digelar 2-10 November 2019 terbagi sembilan etape dengan grand star di Kota Pariaman dan grand finish di Kota Padang.

Berikut etape TdS 2019:

Etape I : Kota Pariaman – Tanah Datar.
Etape II : Pasaman – Bukittinggi.
Etape III : Payakumbuh – Sawahlunto.
Etape IV : Limapuluh Kota – Dharmasraya.
Etape V : Kabupaten Solok – Agam.
Etape VI : Padang Panjang – Solok Selatan.
Etape VII : Kayu Aro – Kerinci.
Etape VIII: Sungai Penuh – Pesisir Selatan.
Etape IX : Pesisir Selatan – Padang

(Lemy yose)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here