Jambi menggelar Festival Batanghari 2019

0
313
Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Staf Ahli Menpora RI Jonni mardizal

KERINCIINDEPENDENT.COM- Diawali dengan pertunjukan tarian hasil kolaborasi Tim Kesenian Pemprov Jambi dan Tim kesenian Sekintang Dayo menyuguhkan atraksi Yang mengagumkan para undangan pada pembukaan Festival Batanghari 2019.

Festival Batanghari ini merupakan salah satu event Provinsi Jambi yang masuk dalam 100 Wonderful Indonesia dan sangat di dukung oleh Kementerian Pariwisata RI.

Hadir pada acara pembukaan Festival ini, Staf Ahli Menpora RI bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal Yang ditugaskan untuk mewakili Menpora mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Jambi Yang menggelar event ini,

“kita menyambut baik dan mengapresiasi apa Yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi untuk meningkatkan Jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Jambi melalui berbagai event dan kegiatan” Sebut Jonni

Lebih lanjut Jonni mengatakan, potensi Provinsi Jambi di bidang Pariwisata tidak kalah dengan daerah lain, baik potensi alam, seni budaya maupun kuliner dan potensi pariwisata lainnya Yang bisa dijual. Namun Kerja Sama antar sektor masih diperlukan agar pariwisata di Provinsi Jambi bisa bersaing dan lebih menarik lagi.

Baca Juga  Resmi Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kerinci, ini profil Adi Rozal &Ami Taher

Provinsi Jambi memiliki Gunung Api tertinggi di Indonesia, danau tertinggi di Asia Tenggara, Geopark Merangin dengan Luas kawasannya mencapai sekitar 20.360 km, dan banyak lagi tempat lainnya Yang tidak dimiliki daerah lain. Belum lagi kekayaan seni budaya dan adat-istiadat yang dapat dijadikan sebagai diferensiasi dari produk pariwisata daerah lain.

Festival Batanghari 2019 berlangsung dari tanggal 21 s.d 24 September 2019, dan dilaksanakan di kawasan Tanggo Rajo Kota Jambi.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lainnya :
Parade 99 Model Tekuluk Jambi ( Parade 1000 Tengkuluk + Busana Batik & Busana Fantasi / Cosplay ) Pada Opening Ceremony Festival Batanghari, Festival Tari Dan Lagu Daerah, Atraksi Dan Tampilan Seni Budaya, dan beberapa pertunjukan lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Ujabg Haryadi mengatakan bahwa Sebagai sebuah Event yang menjadi “Core Event” Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, pembenahan-pembenahan dalam hal penggalian Potensi Objek Daya Tarik Wisata, Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata dan masyarakat sekitar Objek Daya Tarik Wisata di kawasan Taman Tanggo Rajo/Seberang Kota Jambi perlu dilakukan sehingga Sinergitas kesiapan pelaksanaan Festival Batanghari dapat berjalan serasi, selaras dan seimbang dalam rangka mencapai Outcome event ini, yakni adanya peningkatan Arus Kunjungan Wisata ke Provinsi Jambi dan meningkatkan kesejahteraan Perekonomian.

Baca Juga  Profesional dan Berpengalaman, ini profil H. Hasani Hamid Anggota DPRD Provinsi Jambi

Festival ini dibuka oleh Gubernur Jambi Fahrori Umar dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian dan Lembaga antara Kementerian Pariwisata Yang diwakili oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Management Calender Of Event Kemenpar Esti Reko Astuti.

Pada kesempatan itu Esti mengungkapkan bahwa Kementerian Pariwisata mendukung penuh kegiatan Festival Batanghari tahun 2019 ini yang jauh lebih meriah dari tahun sebelumnya, walaupun dalam suasana bencana asap akibat kebakaran hutan.
Di jambi saat ada 2 kegiatan yg masuk dalam calendar of event Nasional dari Kementerian Pariwisata, yakni Festival Batanghari dan Festival Kerinci, lanjut Esti

Reporter : Jefrigo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here