Juara 1 FLS2N Provinsi Jambi, Grup Tari SMK 1 Sungai Penuh Akan Wakili Jambi Di Tingkat Nasional

0
776
Tim tari FLS2N SMK 1 Sungai penuh, juara 1 tingkat provinsi jambi tahun 2019

KERINCIINDEPENDENT.COM,JAMBI-Tim tari SMK Negeri 1 Sungai Penuh tampil sebagai juara pertama pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jambi tahun 2019 yang berlangsung di Taman Budaya, Jambi Sabtu (20/7) kemaren.


Prestasi membanggakan ini sekaligus mengantarkan tim tari SMK Negeri 1 Sungai penuh sebagai duta yang akan mewakili Provinsi Jambi pada ajang FLS2N tingkat nasional yang akan diselenggarakan tanggal 15 September 2019 di Lampung.
 
Pada ajang FLS2N tingkat Provinsi Jambi tahun 2019 ini, tim tari SMKN 1 Sungai penuh menampilkan tarian berjudul “Asyek Minta Lamat” yang diangkat dari tradisi masyarakat pondok tinggi zaman dahulu, dimana diceritakan wanita di pondok tinggi yang akan merantau meminta petuah dari orang tua untuk keselamatan berangkat sampai kembali ke kampung halamannya nanti.


Tarian Asyek Minta Lamat ini ditarikan oleh lima penari siswa SMK 1 Sungai penuh yakni, Tiara Delima, Azza Febrika,Les wadheria Putri, Kesi Veronika dan Widia Anggun Putri dengan guru pembimbing Yunarni.S.pd.
 
Pada gelaran Tari Tradisional FLS2N kali ini, tim tari SMK 1 Sungai penuh berhasil membuat tim juri terkagum kagum yang pada akhirnya memutuskan SMK 1 Sungai penuh sebagai juara 1. hal ini lantaran tari yang berdurasi 7 menit ini ditampilkan benar benar tari tradisional termasuk proferti yang digunakan terbuat dari bahan bahan alami seperti bambu dan sebagainya.

Baca Juga  Tanggapi Rencana Pendirian Kota Santri International, Ketua HKK Nasional Tinjau Lokasi Pembangunan

” kami benar benar menampilkan tari tradisional yang mengangkat cerita tentang tradisi yang berkembang di tengah masyarakat pondok tinggi, kota Sungai penuh pada zaman dahulu, disamping proferti yang juga terbuat dari bahan bahan yang sangat asli dan alami ” terang Yunarni,S.Pd yang mendampingi tim tari SMK 1 selama di Jambi.

Keberhasilan Tim Tari SMK 1 Sungai penuh pada FLS2N Tahun ini mendapat apresiasi dari Kepsek SMK 1 Sungai penuh Julianto,S.Pd. Menurut Julianto, keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras anak anak dan guru SMK 1 yang menggambleng siswa dalam sanggar seni milik SMK 1 yakni sanggar saile samudek
 
“Alhamdulillah, usaha dan kerja keras tim tari SMK Negeri 1 Sungai penuh membuahkan prestasi untuk tingkat Provinsi Jambi. Prestasi ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk terus berlatih dalam bidang apapun, sehingga mampu meraih prestasi terbaik,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Sungai penuh, Julianto,S.Pd, Kamis(25/7).

Baca Juga  Sekdaprov Jambi M.Dianto Buka Festival Kerinci 2019

Ditambahkan oleh Julianto, untuk menggali potensi siswa di SMK 1 Sungai penuh, pihak sekolah akan menerapkan 4 “O” yaitu olah pikir, olah hati, olah seni dan olahraga. Setiap siswa terangnya, memiliki talenta yang berbeda, ada yang memang pintar otaknya, ada yang punya potensi seni dan olahraga, semuanya akan diakomodir dengan pembinaan oleh sekolah dengan tujuan setelah menamatkan pendidikan potensi tersebut diharapkan bisa menopang hidupnya.

Khusus untuk ” olah hati” diterangkan oleh Julianto, saat ini SMK 1 bekerjasama dengan Desa di sungai liuk setiap jumat mengisi khutbah jumat di beberapa masjid di Sungai liuk.

” program ini untuk memberikan pendidikan keagamaan dan rohani kepada siswa, sehingga akan terbentuk lulusan yang berakhlatul qorimah nantinya” pungkas Julianto,S.Pd

Reporter : jegrigo
Editor : lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here