Kadispar Sumbar Sebut, Kerinci & Sungai penuh Berpeluang Kembali Gelar Tour de Singkarak 2020

0
794
Taufik Ramadhan, kepala dinas pariwisata sumbar

KERINCIINDEPENDENT.COM PADANG- Event balap sepeda international, Tour de Singkarak (TdS) ke- 11,tahun 2019 telah berakhir kemaren, Minggu (10/11/2019) dengan menobatkan Pembalap asal Australia Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling Malaysia sebagai juara umum individu.

Lomba balap sepeda jalan raya dengan jumlah penonton terbanyak ke-lima di dunia ini, meninggalkan kesan mendalam di hati penggemar olahraga bersepeda di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai penuh (Prov Jambi).

Bagi masyarakat kedua daerah ini, menyaksikan pembalap dunia berlomba langsung didepan mata, merupakan momen langka yang baru kali ini terjadi di daerah mereka.

Tidak salah kiranya, masyarakat Kerinci dan Sungai penuh berharap agar event balap sepeda international ini bisa kembali dilaksanakan di Kerinci dan Sungai penuh tahun depan.

Gayung bersambut, pihak pemprov Sumbar yang menjadi pemegang “lisensi” Tour de Singkarak (TdS), memberikan lampu kuning kepada Kerinci dan Sungai penuh, untuk kembali menggelar TdS tahun depan.

Baca Juga  Hasil Pemeriksaan RSU MH Thalib Kerinci, 2 Warga Negatif Corona

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh kepala Dinas Pariwisata dan olahraga Sumbar Taufik Ramadhan, ketika menjawab pertanyaan kerinciindependent.com tentang peluang TdS kembali ke Kerinci dan Sungai penuh tahun depan.

” Sangat bisa, karena jujur kami katakan, dari seluruh etape TdS tahun ini, kedua etape ini penontonnya sangat banyak” ujar Taufik.

Menurut Taufik, Dengan keunggulan penonton tersebut,maka menjadi point tersendiri bagi Kerinci dan Sungai penuh untuk diprioritaskan sebagai etape TdS tahun berikutnya.

selain itu sebutnya, masuk tidaknya Kerinci dan Sungai penuh menjadi etape TdS tahun depan tergantung kabupaten dan kota serta pemprov jambi, karena menurutnya koordinasinya harus di tingkat propinsi terutama keamanan.

Jika kerinci dan Sungai penuh serta pemprov Jambi serius dan berkeinginan, maka menurut Taufik, ia yakin tahun depan TdS kembali akan ber-stage di Kerinci dan Sungai penuh bahkan menurutnya etape bisa bertambah dengan kabupaten lainnya di provinsi Jambi.

Baca Juga  Komunikasi Sosial Babinsa Kodim 0417/ Kerinci Masyarakat

” Bisa, bisa juga bertambah dengan daerah lain di prov jambi tergantung kab dan kota serta pemprov jambi, karena koordinasinya harus di tingkat propinsi terutama keamanan,” tegasnya.

Pihak pemprov Sumbar sendiri sebut Taufik sangat mengapresiasi perluasan etape TdS ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai penuh. Ia berharap dengan masuknya TdS ke dua daerah ini bisa memberikan dampak signifikan terhadap arus kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke dua daerah ini.

” Kami dari Dispar sumbar , memyambut baik, atas perluasan TdS ke kerinci dan kota sei penuh, kita berharap dengan TdS ini, bisa meningkatkan kunjuangan wisatawan baik lokal maupun manca negara ke daerah ini,” pungkas Taufik.

Reporter : lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here