Kerinci Dilanda Suhu Dingin, Ini Penjelasan Pakar Geologi UGM

0
496
Akmaluddin Thaib, pakar geologi UGM yang juga putra asli Kerinci

KERINCIINDEPENDENT.COM. beberapa ini wilayah Kerinci dan Sungai penuh dilanda suhu dingin yang ekstrem. Data yang dihimpun kerinciindependent.com menyebutkan suhu di Kerinci dan Sungai penuh berada di kisaran rata-rata 16 derajat celcius bahkan pada hari minggu kemaren mencapai 13 derajat celcius.

Pakar geologi universitas Gadjah Mada yang juga putra Kerinci Akmaluddin Thaib kepada media ini menjelaskan, Fenomena suhu dingin yang terjadi bukan saja hanya di Kerinci saja tetapi juga terjadi di beberapa wilayah dataran tinggi lainnya di Indonesia ini adalah gejala normal

Akmaludin menjelaskan, Ada dua penyebab kenapa suhu di Kerinci dan daerah lain di Indonesia saat ini dingin sekali, pertama katanya,Puncak musim panas di Indonesia menyebabkan tidak adanya awan di atmosfer, sehingga menyebabkan radiasi panas akan langsung dipantulkan ke atas, tidak tertahan dulu di awan. Fungsi awan ini adalah sebagai “penyimpan panas”, makanya terang Akmal, kalau musim hujan kita akan mengalami “sumuk” atau panas di malam hari.

Baca Juga  Wabup Ami Taher Hadiri Harganas XXVI Di Muara Bungo

Yang kedua paparnya, Angin saat ini berhembus dari Timur (dari Australian) menuju Barat melalui Indonesia, angin dari Australia ini membawa suhu yang dingin dan kering.

Gejala dingin ekstrim ini ujarnya, akan terasa sekali untuk daerah2 dataran tinggi atau pegunungan, seperti halnya di Kerinci.

Reporter : lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here