Ketua Umum POZI diterima Duta Besar Republik Islam Iran, Jonni Satu Satunya Orang Indonesia Di Organisasi IZSF

0
898
Jonni Mardizal bersama Duta Besar Iran Untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, yml. Mohammad KH. H. Azad

 

Jakarta – Ketua Umum Perkumpulan Olahraga Zurkhaneh Indonesia, Jonni Mardizal diterima secara resmi oleh Duta Besar Iran Untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, yml. Mohammad KH. H. Azad, bertempat di Kedutaan Iran Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng Jakarta Pusat, Senin (11/01) sore.

Kedatangan Jonni ke Kedutaan Iran ini adalah dalam rangka menerima Surat Keputusan dari International Zurkhaneh Sports and Koshti Pahlavani Federation (IZSF) sebagai representative (Chairman) dari IZSF di Indonesia.

Surat Keputusan ini merupakan hasil dari Sidang Umum ke-8 (8th General Plenary of IZSF) yang dilaksanakan secara virtual pada 7 Oktober 2020.

Jonni merupakan satu-satunya orang Indonesia yang duduk dalam oraganisasi tersebut.

Pada kesempatan pertemuan tersebut terjadi dialog yang hangat antara Jonni dan Dubes Iran terkait untuk memasyarakatkan serta memajukan olahraga Zurkhaneh di Indonesia.

Baca Juga  Hari ini , Etape Pertama TDS Dimulai Dari Pantai Gondoriah

Jonni juga mengharapkan bantuan Iran untuk memasyarakatkan Olahraga Tradisional Indonesia seperti Pencak Silat yang akan didorong agar dapat dipertandingkan dalam Multi event International.

Untuk itu Azad menyambut baik usulan ini dan akan ikut menyosialisasikan Pencaksilat di kawasan Persia dan negara sahabat Iran lainnya.

Zurkhanah adalah Olahraga tradisional Iran yang diperuntukkan bagi pengembangan kekuatan tubuh kaum pria, dan idealnya untuk memberi bimbingan spiritual serta menjunjung nilai-nilai etis kesatriaan yang tinggi.

Barangkali masih asing di telinga sebagian besar orang Indonesia, hal Ini diakui oleh Jonni Mardizal. Dijelaskannya, zurkhaneh yang merupakan olahraga tradisional dari Iran belum begitu dikenal di Indonesia.

‘’Sebenarnya pada 2006, olahraga Ini pernah diperkenalkan oleh Tim Zurkhaneh International yang pada saat itu mengadakan tur ke Indonesia, namun tidak begitu berkembang,’’ Terang Jonni

Baca Juga  Tinjau Stadion Utama Pekanbaru, Menpora: Saya Usulkan untuk Stadion TC Piala Dunia 2020

Dia menambahkan, pada ajang TAFISA 2016 dimana Indonesia sebagai tuan rumah Olahraga ini mulai digalakkan lagi di Indonesia. Pada akhir 2017 indonesia sempat mengirim atlet pada Kejuaraan Asian di Philipina dan memperoleh 1 medali emas dan 2 perunggu, sedangkan pada Januari 2020 yang lalu kita juga mengirim Atlet pada kejuaraan Dunia Zurkhaneh di Iran dan ALhamdulillah memperoleh 1 emas dan 2 perak.

Dalam pertemuan tersebut Duta Besar Iran didampingi oleh Counselor Kebudayaan yakni Mehrdad Rakhshanseh dan staf Kedutaan Ali Pahlevani. Sedangkan Jonni didampingi salah seorang pengurus dan juga Atlet Olahraga Zurkhaneh dari Indonesia yang mendapat medali Emas pada kejuaraan Dunia yang dilaksanakan di Iran pada bulan Januari 2020 .

Editor : Lemy Yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here