KODIM 0430/BANYUASIN SIAP BANTU PEMERINTAH TANGGULANGI BENCANA KARHUTLA

0
146
Dandim 0439/Banyuasin, Letkol Arh H. Alfian Amran ST.

 

BANYUASIN, – Dalam rangka meningkatkan keterampilan prajurit dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Banyuasin, Kodim 0430/Banyuasin menggelar Latihan Posko I, bertempat di Makodim 0430/Banyuasin, Jumat (26/6) kemaren

Komandan Kodim 0430/Banyuasin Letkol Arh H. Alfian Amran, S.T., M.M mengatakan, Latihan Posko ini merupakan salah satu upaya kesiapan Kodim 0430/Banyuasin dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk menanggulangi Bencana Karhutla.

Hal tersebut susuai dengan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi Bencana Alam.

Lebih lanjut dikatakannya Latihan Posko ini digelar selama 3 hari, tanggal 24 s.d 26 Juni, dan diharapkan dengan digelarnya Latihan Posko ini, seluruh Prajurit Kodim 0430/Banyuasin akan lebih siap, sehingga sebaran titik Hotspot di Wilayah Kabupaten Banyuasin sedapat mungkin bisa di minimalisir.

Baca Juga  Jelang Sertijab, Dandim 0430/Banyuasin Silaturahmi Sekaligus Pamitan Ke Koramil Talang Kelapa

Selanjutnya Letkol Alfian menjelaskan, Latihan Posko pada intinya melatih dalam penanggulangan bencana apapun, termasuk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“kita sinkronkan seluruh unsur yang ada baik itu personel maupun peralatan untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya

Selain itu, lanjutnya Dandim, dalam penanggulangan bencana ada beberapa tahapan di antaranya sebelum terjadi bencana, melaksanakan sosialisasi seperti Babinsa memberikan himbauan kepada masyarakat terkait dengan kebakaran hutan dan lahan, serta Penanganan Karhutla itu sendiri. ( HMS/dim0430/BA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here