Mengenal 12 Jenderal Aktif Asal Jambi 2020

0
3979

Jakarta– Jambi ternyata memiliki tokoh-tokoh barkaliber Nasional yang memegang jabatan penting baik sipil maupun TNI/POLRI,  khusus untuk TNI dan POLRI ternyata provinsi Jambi tahun ini memiliki 12 perwira tinggi berpangkat Jenderal  yang masih aktif.

Siapa saja mereka ,kerinciindependent.com mencoba menghimpun dari berbagai sumber , berikut ini 12 Jenderal Aktif Asal Jambi tahun 2010.

1. Irjen Pol Drs H. Syafril Nursal SH MH

Irjen Pol Drs H. Syafril Nursal SH MH ( Kapolda Sulteng)

Irjen Pol Drs H. Syafril Nursal SH MH merupakan tokoh Jambi terpopuler saat ini, Jenderal  kelahiran Kerinci-Jambi 3 Oktober 1962 ini merupakan salah seorang lulusan Akpol terbaik angkatan 1986.

Saat ini Irjen Pol Syafril Nursal (SN) sedang menjabat sebagai Kapolda Sulawesi tengah, selain sebagai Kapolda Sulteng , Ia juga aktif di organisasi sosial sebagai ketua Badan Musyarawarah Keluarga Jambi dan HKKN

2. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Teddy Lhaksmana.

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Teddy Lhaksmana

Meskipun sudah purnawirawan, namun Jenderal Teddy masih kami masukkan ke dalam daftar jenderal aktif lantaran Teddy Laksmana saat ini menjabat sebagai wakil kepala Badan Intelijen Negara (WAKA BIN)

Letjen Teddy Laksmana Widya Kusuma lahir di Jambi, 15 Februari 1959, jabatan terakhirnya sebelum pensiun adalah Pangdam Jaya.

3. Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H.
Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H.
Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. sangat dikenal oleh masyarakat Jambi lantaran pernah menjabat sebagai Kapolda Jambi sebelum pada tanggal 3 Februari 2020 mengemban tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.
Muchlis, ladalah lulusan Akpol 1987 ,lahir di Jambi 5 Mei 1962

4. Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.H., M.M.

Baca Juga  Tidak Tersaingi, TNI AD Juara Lomba Menembak AASAM 2019, 12 Kali Berturut Turut

Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.H.,M.M adalah putra Jambi yang pernah menjabat sebagai Pangdam II/Sriwijaya tahun 2017 lalu.

Ia seorang perwira tinggi TNI-AD yang pada 14 Agustus 2019 menjabat sebagai Koorsahli Panglima TNI. Sudirman, lulusan Akmil 1986. Sudirman Lahir: 5 Maret 1963.

5.Irjen. Pol. Drs. H. M. Syafii, S.H.
Irjen. Pol. Drs. H. M. Syafii, S.H.

merupakan ipar dari Gubernur Jambi saat ini H. Fachrori Umar. M.Syafii lahir di Bungo Mei 1962.

Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 3 Februari 2017 mengemban amanat sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Syafii, lulusan Sepamilsuk Polri 1989 .
6. Laksmana Pertama TNI DR. Nazali Lempo, S.H., M.H.
Laksamana Pertama TNI Dr. Drs. H. Nazali Lempo, S.H., M.H ( Kapuspomal)
Laksmana Pertama TNI DR. Nazali Lempo, S.H., M.H. adalah perwira tinggi Angkatan Laut kelahiran Kerinci,Jambi.
Nazali Lempo merupakan lulusan .Akademi Angkatan Laut angkatan 36 tahun 1991Dan saat ini menjabat sebagai Komandan pusat polisi militer Angkatan Laut ( DANPUSPOMAL).
Nazali Lempo jug sangat aktif di organisasi sosial masyarakat Jambi di Jakarta, saat ini ia dipercaya sebagai ketua umum HKK Nasional jakarta dan sekitarnya ( HKKN JS).
7. Brigadir Jenderal TNI Hermanto, S.E, M.M.
Brigjen TNI Hermanto, S.E, M.M
Brigjen TNI Hermanto, S.E, M.M adalah  seorang perwira tinggi TNI-AL kelahiran Jambi 15 Juli 1968. Saat ini Hermanto mengemban tugas sebagai  komandan Lantamal III/Jakarta.
Brigjen Hermanto merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan ke- XXXVII/tahun 1991.
8. Brigjen TNI Muhammad Zamroni, S.Ip
Brigjen TNI Muhammad Zamroni, S.Ip.
Brigjen TNI Muhammad Zamroni, S.Ip saat ini menjabat sebagai komandan Korem 072/Pamungkas Jogyakarta .
Ia lahir di Jambi 15 Juli 1968, jendral satu ini masuk Akmil tahun 1987.
9. Brigjen Pol Drs. Ismail Bafadal MH
Brigjen Pol Drs. Ismail Bafadal, M.H. saat masih berpangkat Kombes sebagai Irwasda Polda NTB
Brigjen Pol Drs. Ismail Bafadal MH, merupakan jenderal bintang satu asal Jambi yang saat ini bertugas sebagai pembantu Deputi Dewan Ketahanan Nasional di jakarta.
Sebelum menjadi perwira tinggi Polri,  Ismail tercatat pernah bertugas sebagai irwasda di Polda NTB dengan pangkat Kombes. Ia kemudian mendapat promosi jabatan dan kenaikan pangkat bintang satu.
10.Brigjen Pol. Armed Wijaya.
Brigjen Pol. Armed Wijaya, saat masih menjabat sebagai Kapolres Berau -Kaltim ( fhoto/Tribun Kaltim)
Brigjen Pol. Armed Wijaya merupakan putra Jambi yang mengemban tugas sebagai Asdep Deputi V Kemenko Polhukam. Armed Wijaya pernah menjabat sebagai Kapolres di Berau Kaltim dan Sir Sahli di Polda Kaltim.
11. Laksma TNI JAYA DARMAWAN
Merupakan perwira tinggi TNI AL yang berasal dari Jambi, ia saat ini menjabat sebagai Pati Sahli KASAL bidang Destraops Mabes TNI AL. Sebelumya Jaya menjabat sebagai Asdep koordinasi kewaspadaan nasional pada Deputi bidang koordinasi kesatuan bangsa Kemenko Polhukam RI.
12. Laksma Hergiyanto Mm.
Perwira tinggi TNI AL ini juga merupakan putra Jambi, saat ini Herhiyanto mengemban tugas negara sebagai Sahli KASAL bidang SOSKUMDANG.
Demikian dua belas jenderal aktif asal Jambi yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber. Selain aktif di masing- masing kesatuannya , para perwira tinggi ini juga aktif di sosial kemasyarakatan , mereka merupakan Dewan pembina di organisasi perantau Jambi BMKJ yang diketuai oleh Irjen Pol Drs H. Syafril Nursal SH MH yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulteng .
Editor : Lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here