Mengenal Letkol (Pnb) Fardinal Umar, Putra Kerinci Komandan Skadron Udara 12 TNI AU

0
1516
Letkol (Pnb) Fardinal Umar saat upacara Sertijab Komandan Skadron udara 12, dari Letkol (Pnb) Asri Efendi Rangkuti

KERINCIINDEPENDENT.COM- Kemaren,Jumat (18/10/2019) merupakan hari bersejarah dalam perjalanan karir militer Letnan Kolonel (Pnb) Fardinal Umar, tepat pukul 8.00 Wib, dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Danlanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Ronny Irianto Moningka,ST MM, Putra Kerinci ini dilantik sebagai komandan skuadron Udara 12 Wing 6, Lanud Roesmin Nurjadin, ia menggantikan seniornya Letkol (Pnb) Asri Efendi Rangkuti.

Letkol (Pnb) Fardinal Umar bersama Danlanud Roesmin Nurjadin usai sertijab

” Alhamdulillah diberi kepercayaan oleh pimpinan untuk menjalankan amanah memimpin Skadron tempur di Skadron Udara 12, yang mengawaki pesawat tempur taktis, dengan tugas untuk menjalan kan tugas pokoknya dengan aman, lancar dan complish ” ujar Fardinal Umar, seusai Sertijab di Apron A2, Hanggar Skatek 045.

Siapakah Fardinal Umar, anak muda dengan karir militer cemerlang ini ? Letkol Pnb Fardinal Umar, lahir di Padang, 15 september 1980 dari pasangan Drs Umar Ali (alm) dan Hj. Radmiyati, ia merupakan cucu salah seorang tokoh pendidikan Kerinci yang juga tokoh Pondok Tinggi H. Adam Rosul.

Letkol Pnb Fardinal Umar Komandan Skadron udara 12 TNI AU

Anak kelima dari lima bersaudara ini merupakan penerbang pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Baca Juga  KPU Tetapkan Drs. Ahmadi Zubir MM-Dr Alvia Santoni, S.E, M.M Sebagai Walikota & Wakil Walikota Sungai Penuh Terpilih.

Perwira Menengah TNI AU ini adalah alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2002 dan lulusan Sekolah Penerbang (Sekbang) A 68,Sekolah Instruktur Penerbang (SIP) A-66 serta Pendidikan militer tertinggi Seskoau A 53 tahun 2016.

Sebelum dipromosikan sebagai Komandan Skadron Udara 12, Fardinal menjabat sebagai Kepala Operasi Dan Latihan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin.

nama Fardinal Umar mencuat ketika pada dua tahun lalu, saat masih berpangkat Mayor penerbang, ia menjadi penerbang terdahsyat, yang mencapai 2000 jam terbang di atas cockpit pesawat tempur Hawk 100/200.

Sebagai penerbang pesawat tempur, suami dari Vinuzula Hidayah S.T.Par ini, sudah berlanglang buana dalam Penugasan di Luar negeri, tercatat hampir seluruh negara di Asia tenggara sudah di jelajahinya, termasuk juga Amerika, Jerman, Inggris dan Belanda.

Baca Juga  Gelar Promo, Swarga Lodge Donasikan 10% Pendapatannya Untuk Relawan Covid-19 Di Kayuaro

Dibalik laki-laki sukses, ada wanita hebat yang mendampingi,” kalimat ini benar adanya dan berlaku pada diri Fardinal Umar, karir pria ganteng ini tidak terlepas dari peranan sang istri Vinuzula Hidayah S.T.Par yang saat bersamaan juga dilantik sebagai Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 01-12/D.I Skadron Udara 12.

” Istri sangat mendukung karir militer saya ” sebut Fardinal.

Ayah dari dua orang putra ini (Fidel Rabbani Fardinal dan Edsel Arkhan Fardinal) berharap dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia, khususnya Kerinci agar ia bisa mengemban tugas yang dibebankan Negera di pundaknya dengan baik.

” Semoga kami bisa menjalan amanah ini dengan baik, mohon doa dan dukungan nya demi bangsa dan negara ” pungkas Fardinal Umar.

Reporter : lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here