Peduli Lingkungan, Irjen Syafril Nursal Kampanyekan Pelestarian Pohon Eboni

0
924
Kapolda Sulteng, Irjen pol Drs H. Syafril Nursal " jenderal peduli lingkungan"

 

PALU– Dimana bumi di pijak, disana Langit dijunjung, petitih adat tersebut benar-benar dipegang teguh oleh Kapolda Sulteng Irjen (Pol) Drs H. Syafril Nursal,SH MH. Begitu ditetapkan sebagai Kapolda di Sulteng, putra Kerinci ini sudah memikirkan bgmana menggali potensi terpendam yang dimiliki oleh salah satu Provinsi di pulau Sulawesi tersebut.

Irjen Syafril Nursal bersama komunitas offroader Kampanyekan Pelestarian lingkungan dengan prioritas pohon Eboni

Salah  satu yang terpikirkan oleh ketua umum HKKN dan  BMKJ ini  adalah Pulau Sulawesi sebagai daerah Penghasil Kayu EBONI, atau yang sering disebut juga kayu hitam, karena warna hitam dibagian dalamnya.

Berawal pada Desember 2020 lalu, manakala Sang Jendral bersama keluarga terbang menuju pulau Sulawesi tepatnya Sulawesi Tengah (Palu) perjalanan menuju tempat tugas baru sebagai Kapolda Sulawesi tengah.

Disaat perjalanan menjelang take off di Bandara Mutiara Al Jufri, dari udara terlihat keindahan dan panorama Kota Palu yang berhadapan dengan Teluk Palu diapit oleh bukit-bukit batu dengan sumber daya alamnya yang luar biasa.

Di saat itulah Irjen Syafril Nursal ingin melihat dari atas pesawat yg ditumpanginya Pohon EBONI yg katanya Mahal dan berkualitas tinggi. Namun, Faktanya adalah ternyata Pohon tersebut sudah hampir punah.

Masih penasaran dengan keberadaan pohon EBONI, sepanjang perjalanan menuju kediamannya di Palu, Jenderal Bintang dua ini tidak henti-hentinya melepaskan pandangannya ke kiri kanan jalan utama yang dilalui, Ternyata di jalan-jalan  utama kota Palu juga nyaris sudah tidak terlihat pohon tersebut.

Baca Juga  Luncurkan Program BATIM, Kades & Perangkat Sumbangkan Gajinya Untuk Anak Yatim Di Desa Siulak Kecil Hilir

Terbersit  pertanyaan dalam benak Sang Jendral, kemana pohon langka itu ? dan Kenapa tidak ada upaya melestarikan Eboni ? yang bernilai ekonomi tinggi, konon kabarnya harga 1 meter eboni dalam negeri dibandrol 6-7 juta dan luar negeri mencapai 30 juta permeter, sebuah nilai yang fantastis.

” Ada yang membuat saya penasaran sepanjang perjalanan menuju Palu, saya tidak melihat lagi rindangnya pohon EBONI yang terkenal itu, ini membuat saya berpikir kenapa potensi ini tidak lestarikan,” sebut Irjen Pol Syafril Nursal.

Pertanyaan inilah menggelitik beliau untuk “menjemput bola” dan mengkampanyekan Pelestarian EBONI yang bersamaan dengan intruksi Kapolri gerakan POLRI PEDULI LINGKUNGAN.

Komitmen sang Jenderal asal Kerinci terhadap pelestarian lingkungan sangatlah tinggi. Pada setiap kesempatan Syafril Nursal selalu mengkampanyekan “Ayo kita tanam Eboni sebagai ikon pulau Sulawesi tepat di Sulteng Ini”.

Semenjak dikampanyekan olehnya, terhitung sudah 7 lokasi telah ditanami pohon EBONI melalui  gerakkan Program Polri Peduli Lingkungan yang untuk Sulteng oleh Syafril Nursal difokuskan  Menanam EBONI.

” lebih kurang 30 ribu bibit sudah tersebar dan ditanam seantero Sulteng sampai Morowali dan Morowali Utara,” terang Syafril.

Baca Juga  Mengharukan, Seakan Tidak Rela Berpisah, Warga : Kapan Bapak Datang Lagi ?

Pada Selasa (20/01/2020) kemaren bertempat di Swiss Bell Hotel, Kota Palu
Kapolda Sulteng ini mengumpulkan Komunitas Jeep dan offroader guna  mendeklarasikan “Gerakan Cinta Eboni untuk Negeri”.

Ide dan gerakan Kapolda Sulteng ini disambut hangat oleh peserta yang Hadir lebih kurang 100 offroader. Sang jendral sengaja memilih komunitas ini karena mempunya kemampuan daya jelajah tinggi guna  menjangkau daerah perbukitan menanam pohon eboni.

Gagasan dan ide kreatif putra Kerinci pertama yang menjabat Kapolda ini tidak saja mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat Sulteng, tetapi juga dari tokoh perantau Kerinci.

” Ide dan gagsan kreatif dalam bentuk Kepedulian inilah kita harapkan tidak saja dinegeri orang, tetapi bisa juga  diterapkan beliau dtanah kelahiran,” ucap Nuzran Joher tokoh Sungai penuh dan Kerinci di Jakarta.

Senada dengan Nuzran, Porseda Risman juga memberikan pujiannya untuk Syafril Nursal, Sekjen HKK Nasional ini menyebutkan, figur Kapolda Sulteng ini sebagai sosok yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungannya.

” Beliau itu, dimanapun berada selalu peduli kepada lingkungan, semoga akan lebih banyak lagi ide cemerlang yang akan beliau berikan bukan saja untuk Sulteng , tapi juga untuk Jambi dan Kerinci,” ujar Porseda Risman.

Editor : Lemy yose

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here