Profesional dan Berpengalaman, ini profil H. Hasani Hamid Anggota DPRD Provinsi Jambi

0
779
H. Hasani Hamid, sosok familiar yang dekat dengan rakyat ( fhoto/dok.)

KERINCIINDEDEPENDENT.COM- Sosok yang satu ini sangat familiar di kalangan masyarakat kerinci dan Sungai Penuh, betapa tidak, menghabiskan pengabdian hampir sepuluh tahun di bumi Sakti Alam Kerinci sebagai abdi masyarakat dan abdi negara membuat kedekatan dengan masyarakat sangat kental sekali.

Itulah H. Hasani Hamid, mantan sekda dan Wakil Bupati Kerinci era Pemerintahan Bupati H. Fauzi Siin yang kini mendapat amanah sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 dari dapil Kerinci-Sungai penuh. Tidak perlu dikupas terlalu panjang dan lebar tentang sosok politisi partai Demokrat ini, karena hampir seluruh masyarakat Kerinci mengenali dan mengetahui kiprah dirinya dalam membangun Kerinci semasa menjabat sebagai sekda dan wakil Bupati.

Meskipun demikian, Kerinciindependent.com mencoba mengupas profil singkat H.Hasani Hamid sebagai salah seorang tokoh Kerimci dan Sungai Penuh yang kini menjadi wakil masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh di DPRD Provinsi Jambi.

Hasani Hamid mengawali karir birokrasinya sebagai pegawai Negeri sipil di Bappeda Provinsi Jambi tahun 1975 hingga tahun 1989. Empat tahun di Bappeda selanjutnya beliau melanjut pengabdian di BKPMD Tahun 1989 hingga 1998. Puncak karir birokrat sejati ini terjadi tahun 1999 dimana H.Hasani Hamid dipercaya menjabat swbagai Sekda Kabupaten Kerinci.

Banyak prestasi yang ditoreh oleh putra dari tokoh Kerinci H.Hamid Arifin selama menjabat sebagai sekda, hingga pemerintah pusat memberikan apresiasi dwngan menganugerahkan Hasani Hamid sebagai sekda teladan Nasional tahun 2003, sebuah prestasi yang belum pernah didapat oleh sekda sebelum dan sesudah Hasani Hamid.

Baca Juga  Silaturrahmi Virtual Dengan Umat Khatolik Jambi, Fachrori Berkomitmen Menjadi Pemimpin Semua Golongan

Lima tahun menjabat sebagai sekda Kerinci pada tahun 2004 H. Hasani Hamid dipinang oleh Bupati H. Fauzi siin sebagai wakil bupati, jabatan wakil bupati diembannya sampai akhir jabatan H. Fauzi siin tahun 2009.

Saat menjabat sebagai sekda dan wakil bupati Kerinci sebuah prestasi monumental yang tercatat dalam lembar sejarah kabupaten Kerinci dibuat oleh H.Hasani Hamid. Ia bersama dengan H. Fauzi Siin ( Bupati Kerinci ketika itu :red) menjadi figur utama yang membidani lahirnya Kota Sungai Penuh, kalau boleh sedikit ektrem ” kalau tidak karena Fauzi Siin dan Hasani Hamid” sampai saat ini Kota Sungai penuh tidak akan pernah ada.

Semasa menjabat sebagai sekda dan Wakil Bupati Kerinci kedekatan antara H. Hasani Hamid dengan masyarakat sangat terasa. Dimana mana masyarakat antusias mengundang dirinya dan Hasani selalu menyempatkan diri untuk menghadiri undangan meskipun dipelosok desa terpencil sekalipun.

Dinilai sebagai pemimpin yang merakyat diakhir masa jabatannya sebagai wakil Bupati, Hasani Hamid didesak oleh mayoritas masyarakat Kerinci agar mau mencalonkan diri sebagai Bupati Kerinci pada pilkada Kerinci tahun 2010. Desakan ini akhirnya diterima oleh Hasani Hamid dan ia ikut bertarung memperebutkan posisi bupati kerinci meskipun akhirnya harus mengakui keunggulan H. Murasman yang didukung penuh oleh “Kerinci mudik”

Baca Juga  HKKN Berperan Aktif Dalam Perjuangan Panjang Membawa Tour de Singkarak Ke Kerinci

Sempat istirahat dari hingar bingar dunia politik dan kembali ke kampus (back to kampus) sebagai dosen luar biasa di beberapa perguruan tinggi ternama di provinsi jambi ( STIE SAK Kerinci, UNJA, UNBARI, APDN dan STIA NUSA), pada Pemilu 2014 Hasani Hamid diminta oleh Ketua Demokrat yang juga gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus untuk didaftar sebagai Caleg Demokrat daerah pemilihan Kerinci dan Sungai penuh. Bermodalkan populeritas Hasani berhasil mendulang suara signifikan untuk memberikan satu kursi demokrat dapil kerinci dan sungai penih di DPRD Provinsi Jambi meskipun bukan dirinya yang duduk.

Meskipun demikian, usaha Hasani tidak sia sia dalam perjalanannya H.Hasani Hamid menjadi caleg yang berhak menggantikan Irmanto yang saat itu tersandung kasus pidana melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) dan hingga sekarang Hasani Hamid tercatat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi dari dapil Kerinci dan Sungai penuh.

Pengabdian sebagai wakil rakyat dilaksanakan oleh H.Hasani Hamid dwngan penuh raa tanggung jawab. Sebagai anggota DPRD dari dapil Kerinci-Sungai penuh ia senantiasa berjuang di gedung dewan untuk kepentingan konstituennya. Pembangunan infrastruktur jalan, irigasi dan pembangunan lainnya yang menyentuh kepentingan masyarakat telah dan akan terus diperjuangkannya. (ADV/lemy)

H. Hasani Hamid, sosok familiar yang dekat dengan rakyat ( fhoto/dok.)
Semasa menjabat sekda dan wabup kerinci, Hasani Hamid sangat dekat dengan masyarakat ( fhoto/dok.hsn)
Hasani Hamid saat dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi jambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here