Proyek pengentasan Banjir Batang Bungkal Dimulai, Rizal Djalil : Kita Mulai Kerja Di Muara Batang Bungkal

0
660
Dipo Nurhadi Ilham bersama Prof.Dr.H.Rizal Djalil meninjau lokasi normalisasi sungai batang bungkal yang segera dilaksanakan untuk memperlancar aliran sungai sepanjang cankin dan jembatan layang ( fhoto/ lemyyose)

Prof.dr.H.Rizal Djalil dan Staf khusus Pimpinan DPR RI Dipo Nurhadi Ilham bersama tokoh adat depati nan batujuh saat goro bersama di aliran sungai batang bungkal ( fhoto/lemy)
KERINCIINDEPENDENT.COM-BERITA SUNGAIPENUH. Harapan masyarakat Kota Sungai Penuh khususnya Kedepatian nan batujuh (pondok tinggi, Sungai penuh, Dusun Baru) agar area persawahan mereka yang selama ini selalu digenangi air bisa digarap lagi sepertinya tidak lama lagi akan menjadi kenyataan.

Adalah Prof.Dr.H.Rizal Djalil tokoh Nasional asal Sungai Penuh dan Kerinci yang telah “menggandeng” kementerian PUPR RI bidang Sumber Daya Air untuk turut mencari solusi agar ratusan hektar persawahan yang ada di ajun arah depati nan batujuh bisa kembali difungsikan

DIpo Nurhadi Ilham bersama Prof.Dr. H. Rizal Djalil meninjau pelaksanaan kegiatan normalisasi batang bungkal di debai ( fhoto/ lemyyose)

Alhasil, setelah beberapa waktu lalu Prof.Dr.H.Rizal Djalil bersama tenaga ahli dari kementerian PUPR dan Staf khusus Pimpinan DPR RI Dipo Nurhadi Ilham meninjau langsung lokasi yang terdampak banjir di area persawahan Cangkin dan sekitar jembatan layang sepanjang aliran sungai batang bungkal Kota Sungai Penuh akhirnya didapati sebuah kesimpulan oleh Kementerian PUPR dalam hal ini pihak Balai Wilayah Sungai bahwa akan dilaksanakan normalisasi di pertemuan dua aliran sungai (Batang merao dan Sungai bungkal) yang berada di pinghir air debai.

” solusi untuk memperlancar aliran Sungai Batang merao yang mengakibatkan banjir dan tergenangnya air di area persawahan masyarakat depati nan batujuh adalah dengan melakukan pengerukan di pertemuan dua sungai (batang merao dan sungai bungkal) ” terang Rizal Djalil

Baca Juga  Sekda Munasri Apresiasi Tingginya Partisipasi Pemilih Pada Pilkades Serentak
Alat berat didatangkan dan siap untuk bekerja

Diterangkan oleh Prof. Rizal Djalil, untuk memperlancar aliran air di muara sungai batang bungkal selain dinormalisasi juga pihak Balai Sungai akan melakukan pengerukan terhadap pulau buatan ditengah tengah aliran sungai yang selama ini menjadi penghambat lancarnya aliran air. Sehingga tambahnya, aliran air sepanjang persawahan depati nan batujuh (cangkin dan jembatan layang -red) menjadi tidak mengalir.

” yang kita lakukan pertama kali adalah dengan mengeruk pulau buatan yang terdapat di muara sungai batang bungkal atau pertemuan batang bungkal dan batang merao, ini dilakukan agar aliran air menjadi lancar sehingga air yang tergenang di sepanjang aliran sungai bungkal di cangkin hingga jembatan layang bisa mengalir lancar menuju muaranya di Debai ” terang Rizal.Djalil didampingi staf khusus Pimpinan DPR RI Dipo Nurhadi ilham.

Ditambahkan olehnya, selama ini yang terjadi adalah ketika air sampai di pertemuan antara sungai batang bungkal dan batang merao menjadi terhambat alirannya dan cenderung mengalir kembali ke hulu, ini dikarenakan adanya pulau buatan yang terdapat di pinggir air-debai dan inilah yang terlebih dahulu diselesaikan.

Baca Juga  Ramli Taha Akan Gugat SAH Dan Gerindra Pusat

” selama ini yang terjadi adalah aliran air terhambat di pertemuan dua sungai yaitu batang merao dan batang bungkal di sekitar jembatan debai, karena disini terdapat gundukan pulau buatan dan inilah yang akan segera kita tangani” tambah Rizal Djalil.

Guna memenuhi keinginan masyarakat Kota Sungai penuh dan depati nan batujuh, saat ini beberapa alat berat sudah diterjunkan ke lokasi dan sudah memulai kegiatannya. Untuk memastikan apakah kegiatan normalisasi sungai batang bungkal tersebut, disela sela kesibukan mendatangkan menteri kelautan dan perikanan RI Susi Pudjiastuti Rizal Djalil dan staf khusus Pimpinan DPR RI Dipo Nurhadi Ilham meninjau langsung lokasi pengerukan sungai batang bungkal di pinggir air-Debai.

” akan segera dikerjakan dan alat berat sudah stand by di lokasi ” pungkas Rizal Djalil.

Penulis : jefrigo
Editor : Lemy Yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here