Putra Asli Sungai Penuh Ini Menjadi Salah Satu Perwira TNI Yang Dipromosikan Jabatan Kolonel TNI

0
11654
Kolonel Chk. Irman Putra, S.Fil.,SH MH

JAKARTA – Kerinci sepertinya tidak pernah henti hentinya melahirkan putra – putra terbaiknya di Polri maupun TNI,  sederet nama-nama tenar pernah dilahirkan oleh negeri yang dikelilingi oleh gugusan bukit barisan ini,  sebut saja  Mayjen H.A Thalib,  Mayjen TNI (Pur) Chalid Karim leo, Laksamana Sofianhuri, Laksma TNI Dr. Nazali Lempo dan dari Kepolisian ada mantan Kapolda Sulteng Irjen. Pol. (Purn.) Drs. H. Syafril Nursal, S.H., M.H.

Nama- nama diatas merupakan perwira tinggi yang pernah dimiliki oleh Kerinci dan Sungai penuh dan diperkirakan kedepannya akan muncul nama- nama lainnya yang saat ini masih memegang jabatan perwira menengah baik TNI maupun POLRI.

Putra Kota Sungai penuh yang mendapat promosi jabatan Kolonel Chk. Irman Putra,S.Fil,.SH MH ( fhoto/dok)

Salah satu putra Sungai penuh yang tengah jadi perbincangan di kalangan perantau Kerinci dan Sungai penuh adalah Kolonel Chk. Irman Putra, S.Fil,SH.MH yang pada tanggal 1 April 2021 termasuk salah satu perwira TNI yang dipromosikan jabatan dari Letnan Kolonel menjadi Kolonel TNI melalui Surat Keputusan Presiden RI.

Berikut profil singkat Kolonel Chk. Irman Putra, S.Fil,SH.MH :

Kolonel Chk. Irman Putra,S.Fil,SH MH merupakan putra Sungai penuh yang lahir dari pasangan H. Muslim.Umar dan Hj. Listina ( almh). Irman Putra merintis karir perwiranya mulai sebagai Komandan Peleton Kompi A Yonif Linud 431 Kostrad Tahun 1997.

Selanjutnya Irman dipromosikan sebagai Komandan Kompi A Yonif Linud 431 Kostrad serta sebagai KA PANGDIVIF- 1 Kostrad.

Baca Juga  H. Syahrudin Semat, Dari Forum Komunikasi Masyarakat Kerinci & Di percaya Sebagai Ketua MPK I

Selama 10 tahun berkarir di pasukan elit Kostrad, Kol. Chk. Irman Putra, S.Fil.,SH.MH juga kenyang dengan pengalaman penugasan operasi Militer dalam rangka mengatasi sparatis bersenjata di Timor timur dan Papua serta penugasan pengamanan perbatasan RI – Timor Leste dan pengamanan kerusuhan Ambon, Maluku dibawah Panji Panji Batalyon Yonif Linud 431 Kostrad.

Dari tahun 2006 – 2010 Sang Kolonel menempuh pendidikan Sekolah Tinggi Hukum Militer di Jakarta, sehingga beralih status dari Corp infenteri ke Corp Hukum/ Chk.

Dengan kematangan pengalamannya di satuan tempur, Kolonel Irman dipercaya menduduki berbagai jabatan strategis di lingkungan Direktorat Hukum – AD. Irman pernah menjabat sebagai Kabag Hukum International , Kabag Hukum Perdata dan Tim serta pernah juga menjabat sebagai Kepala Hukum Korem 064/MY Serang.

Pada Tahun 2014 Irman Putra yang menamatkan pendidikan SMA pada tahun 1990 di Sungai penuh ini mendapat promosi jabatan Letnan Kolonel (Letkol) di lingkungan Babinkum TNI Mabes TNI Cilangkap sebagai Kabag Perdata dan TUN setelah itu ia ditugaskan sebagai Waka Oditur Militer Denpasar.

Sejak bulan September 2020 Irman Putra di promosikan menduduki jabatan Kolonel sebagai Inspektorat Umum Pengawasan Khusus di Inspektorat Babinkum TNI, sebuah jabatan strategis yang bertugas mengawasi kinerja para Oditur atau Jaksa – Jaksa Militer.

Diluar itu Kolonel Irman sejak tahun 2010 juga dipercaya sebagai Dosen Hukum Tata Negara di Sekolah Tinggi Hukum Militer DITKUMAD.

Baca Juga  Pelajar  Bakal Ramaikan Penutupan TMMD Ke 104 Kodim Kerinci

” Tuntutlah ilmu Hingga ke liang kubur” pepatah ini sepertinya pas disematkan kepada Kolonel Irman Putra, sosok yang dikenal peramah ini baru saja mengikuti ujian tertutup untuk Program Doktor Ilmu Hukum pada Program Pasca Sarjana UBJ-Jakarta

Pamen TNI putra asli Kota Sungai penuh ini dikenal aktif berorganisasi, sejak SMP dirinya sudah aktif di berbagai organisasi, kebiasaan berorganisasi tersebut hingga kini masih dilakukannya. Saat ini Kolonel Irman menjabat sebagai wakil ketua Dekopin DKI JAYA 2020-2025.

Kolonel Irman juga aktif di organisasi perantau Kerinci maupun Provinsi Jambi, dirinya merupakan salah seorang pengurus HKK Nasional dan BMKJN DKI Jakarta dan saat ini namanya tercatat sebagai ketua umum Yayasan Wira Cendikia, sebuah Yayasan milik Perwira TNI-POLRI 1997 serta aktif juga di PP Muhammadiyah.

Suami dari DR. Susmayanti Pasma yang telah dikaruniai dua orang putri Faradiba Syafira Syahrazziy dan Fadia Suahhira Syahrazzy ini juga dipercaya sebagai ketua pusat Koperasi Babinkum TNI.

Dibawah kepemimpinan dan berkat tangan dingin  Kolonel Irman Putra, usaha – usaha Koperasi Babinkum TNI ini berkembang dengan sangat pesat, berbagai bidang usaha yang dikembangkan oleh Koperasi ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Sukses selalu Kolonel !!!

Reporter : Jefrigo

Editor : Lemy Yose

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here