Sang Jenderal, Tokoh Sentral Di Balik Seminar Nasional & Rakernas HKKN

0
525
Irjen pol Drs H. Syafril Nursal SH MH, tokoh yang berperan besar terhadap suksesnya gelaran seminar Nasional & rakernas HKKN tahun 2020

 

Salut ! Itulah sebuah kata yang pantas dialamatkan untuk Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs H.Syafril Nursal SH MH, ditengah aktifitasnya yang luar biasa padat di wilayah hukum Sulawesi tengah , ternyata ia masih sempat memikirkan Kerinci tanah kelahirannya.

Dalam berbagai kesempatan acara di Sulawesi tengah, jenderal bintang dua ini selalu berkesempatan menceritakan tentang keindahan dan kemolekan Kerinci tanah leluhurnya.

Sehingga nama Kerinci yang sebelumnya kurang begitu familiar di kalangan masyarakat Sulteng, semenjak kehadiran Sang jenderal Kerinci menjadi lebih dikenal oleh masyarakat di Sulawesi tengah.

Kepedulian Irjen Syafril Nursal terhadap Kerinci tanah kelahirannya memang sangat tinggi sekali , salah satu bentuk kepedulian nya itu adalah penyelenggaraan seminar Nasional yang bertema “Menjadikan Kerinci-Jambi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional: Arah Kebijakan, Tantangan, dan Peluang.”

Kegiatan Seminar dan Rakernas ini sendiri berlangsung kemaren dari tanggal 21-23 Februari di hotel Avenzel, Cibubur.

Untuk penyelenggaraan event seminar dan rakernas HKKN ini, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, Syafril Nursal sendiri pada perhelatan ini memberikan sumbangan nyaris separuh dari seluruh budget yang diperlukan Panpel.

Baca Juga  Kasmini Terharu Rumah Anaknya Di Rehab

” Luar biasa kepedulian pak ketum Irjen Syafril Nursal untuk tanah kelahirannya Kerinci, beliau rela berkorban moril dan materil untuk penyelenggaraan seminar dan Rakernas ,” puji Porseda Risman, sekjen HKKN

Irjen Syafril Nursal menyebutkan, Seminar dan Rakernas ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan program kerja PB HKKN tahun 2020 khusus dalam pembangunan pariwisata di Kerinci-Jambi,

Dari kegiatan ini ia berharap akan mampu menggali potensi destinasi wisata alam Kerinci (heritage)Menggali potensi destinasi wisata religi, Terjalinnya sinergisitas dan konektivitas destinasi wisata antar Kawasan Sumbar-Jambi dan kabupaten sekitarnya Menjadikan Kerinci sebagai “Bali Baru”.

” Seminar ini kita adakan untuk mencari masukan untuk pembangunan pariwisata di Kerinci dari pakar-pakar yang berkompeten di bidangnya, ini kontribusi HKKN untuk Kerinci,” ujar Syafril Nursal.

Mengingat masih besarnya pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk menjadikan Kerinci sebagai destinasi wisata bertaraf internasional, perlu ada upaya serius dan kerja sama semua pihak yang berkepentingan (stakeholder) untuk mengurai persoalan-persoalan tersebut. Sebagai bagian dari stakeholder, PB HKK Nasional selama ini sangat aktif mendorong dan menginisiasi pembangunan di Kerinci khususnya di bidang pariwisata.

Baca Juga  Ketum BMKJ Irjen Pol Syafril Nursal, Kukuhkan Pengurus PW BMKJ Kepri Periode 2019-2023

Sebagai bentuk konsistensi mencari solusi atas persoalan tersebut, PB HKKN mencoba lebih mengerucutkan program kerja pada tahun kedua di bidang pariwisata. Maka dari itu, PB HKK Nasional akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional II tahun 2020 dengan topik “Menjadikan Kerinci-Jambi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional: Arah Kebijakan, Tantangan, dan Peluang.” Hal ini juga bagian dari upaya untuk menyambut perhatian pemerintah pusat dalam pengembangan “Bali Baru.”

Harus diakui, peranan sang jenderal putra asli Kerinci ini sangat besar , kelancaran dan suksesnya acara Seminar dan Rakernas kemaren merupakan kontribusi dari dirinya, semua itu demi Kerinci yang dicintainya.

Editor : Lemy yose

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here