Turut Mendukung Ketahanan Pangan Di Banyuasin, Mentan RI Apresiasi Kodim 0430/Banyuasin

0
537
Menteri pertanian RI turut meapresiasi Dandim 0430/BA dalam rangka ketahan pangan di Banyuasin ( fhoto/dok Kementan)

Banyuasin – Kabupaten Banyuasin melakukan antisipasi ketahanan pangan. Antisipasi ini dilakukan Kodim 0430/Banyuasin bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin melalui pemanfaatan lahan Makodim dengan menanam jagung oleh seluruh anggota prajurit Kodim 0430/Banyuasin.

Langkah ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang menyatakan pentingnya menjaga ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas Kementerian Pertanian. Seluruh pihak harus ikut menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, ketersediaan pangan pangan dikawal pemerintah secara intens, didukung kerja keras petani dan para pemangku kepentingan termasuk TNI-AD yang dilakukan oleh Kodim 0430/Banyuasin,” tutur Mentan SYL, Senin (27/7).

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi.

“Pandemi COVID-19 memengaruhi perekonomian, begitu juga pertanian. Namun, sektor pertanian mampu kokoh lantaran kerja keras petani didampingi penyuluh dan juga pemanggu kepentingan lainnya, termasuk aparat TNI-AD yang juga terjun langsung memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif menjadi lahan produktif untuk berkonstribusi dalam penyediaan pangan,” paparnya.

Baca Juga  DANDIM 0430/BANYUASIN MELAKSANAKAN KUNKER KE KORAMIL 430-03/MARIANA SEKALIGUS PAMITAN

Sementara itu Dandim 0430/Banyuasin Letnan Kolonel Arh. Alfian Amran, dalam Pembukaan Kegiatan Program Penyelenggaraan Pembinaan Ketahanan Pangan di Makodim 0430/Banyuasin, menyampaikan bahwa kegiatan ini mengantisipasi serta mencegah kelangkaan bahan pangan di wilayah teritorial, terutama saat Pandemi Covid-19.

“Hal ini sesuai dengan Perintah Pangdam II/Sriwijaya untuk melaksanakan kegiatan Penyelenggaraan Program Pembinaan Ketahanan Pangan TA 2020 di wilayah Kodim 0430/Banyuasin dan juga pertimbangan dari Komando dan Staf Kodim 0430/Banyuasin,” tutur Alfian Amran.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin mengapresiasi Komandan Kodim dan seluruh anggotanya yang ikut peduli terhadap ketahanan pangan selama masa Pandemi Covid-19.

”Kegiatan ini sangat tepat dan menginspirasi kita agar peduli pada kondisi saat ini dengan memanfaatkan potensi di sekitar kita,” tutur Sodikin Kepala Bidang Tanaman Pangan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga  Dandim 0430/Banyuasin Hadiri Ta'ziah Sekaligus Pamitan Di Ponpes Qodratullah Langkan

Kegiatan pamfaatan lahan di Makodim 0430/Banyuasin ini turut didampingi Penyuluh Pertanian-THL TBPP Kecamatan Banyuasin II, Budi Madgani.

Menurut Budi lahan yang disediakan untuk pertanaman jagung seluas 1 hektare merupakan areal percontohan bagi seluruh anggota TNI-AD dalam hal ini Babinsa (Bintara Pembina Desa) se-Kabupaten Banyuasin dan Staf personel Kodim 0430/Banyuasin.

“Pembekalan bagi Babinsa dan Staff personel Kodim 0430/Banyuasin, dilaksanakan baik secara teori maupun praktik langsung di lahan Makodim 0430/Banyuasin. Jadwal kegiatan disepakati bersama antara peserta dan penyuluh untuk mengelola lahan mulai dari persiapan, pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, hingga proses panen dan pascapanennya,” katanya. (Red)

Sumber: mediaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here