Wagub Nasrul Abit Tanggapi Usulan Ketum HKKN Tentang Kawasan Ekonomi Terpadu Sumbar-Kerinci

0
385
Brigjen Pol Drs H. Syafril Nursal (ketum HKKN) & Wakil Gubernur Sumbar H. Nasrul Abit, punya sudut pandang yang sama tentang kawasan ekonomi terpadu Kerinci-Solsel-pessel

KERINCIINDEPENDENT.COM- Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit pada sambutannya di acara pengukuhan pengurus HKK Nasional Sumbar,minggu (22/09/2019) merespons positif dan mempunyai pandangan yang sama terhadap usulan dari ketua umum HKK Nasional, Brigjen Pol Drs H. Syafril Nursal SH MH tentang kawasan ekonomi terpadu Kerinci – Sumbar.

Nasrul Abit menyebutkan, Kerinci memiliki potensi wisata yang tidak kalah indahnya dengan Sumbar, kedekatan geogfafis dan Historis bisa dimamfaatkan oleh kedua wilayah ini untuk berkalaborasi dalam menggarap potensi wisata yang dimiliki tersebut

” saya berharap, suatu ketika nanti ada semacam paket perjalanan wisata dari kawasan mande, pesisir selatan ke Kerinci dan ini mudah mudahan bisa di kembangkan oleh pemerintah kabupaten Kerinci” ujar Nasrul Abit

Ide membangun kawasan ekonomi terpadu antara Kerinci – Solok Selatan – Pesisir selatan pernah dilontarkan ketua umum HKK Nasional Brigjen Pol Drs H. Syafril Nursal kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat pertemuan dengan orang nomor satu sumbar tersebut juni 2018 lalu, pertemuan di rumah dinas Gubernur Sumbar tahun lalu itu dalam rangka mengusulkan Kerinci dan Sungai penuh menjadi etape Tour de Singkarak.

Baca Juga  Peltu Dirut RSUD MHAT Kerinci " Pelayanan Yang Kita Berikan Sudah Maksimal Dan Sesuai SOP

Syafril menyebut, Kerinci harus bisa memamfaatkan populeritas destinasi wisata Sumbar seperti kawasan mande yang memang sudah terkenal ke manca negara di kabupaten pesisir selatan dengan upaya membangun kawasan ekonomi terpadu Kerinci-Solsel-pessel

” selama ini para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di pesisir selatan hanya menikmati keindahan kawasan mande dan sekitarnya, seharusnya jika dikelola maka mereka bisa meneruskan perjalanan ke Kerinci ” terang Syafril.

Untuk menjadikan kawasan ekonomi terpadu Sumbar-Kerinci ini tambah Syafril, Pemerintah daerah Kerinci dan Sungai penuh harus menggenjot pembangunan sektor pendukung seperti infrastruktur jalan termasuk juga perpanjangan bandara Depati Parbo agar bisa nantinya didarati oleh pesawat berbadan besar.

Baca Juga  Bupati Kerinci : Tahun ini, Pemerintah Kembali Perbaiki Dua Pasar Tradisional

Kawasan ekonomi terpadu ini menurut Brigjen Pol Drs H. Syafril Nursal apabila terealisasi akan sangat menguntungkan bagi Kerinci dan Sungai penuh.

Jauh kedepan jenderal polisi bintang satu ini juga pernah mengusulkan kepada Gubernur Sumbar tentang pengaktifan kembali pelabuhan laut muara sakai di pesisir selatan sebagai pendukung terbentuknya kawasan ekonomi terpadu, Ketum HKKN ini juga melihat potensi pasokan listrik di sumbar yang oper kapasitas bisa dimamfaatkan oleh Kerinci dan Sungai penuh dengan pemamfaatan conecting dari solok selatan ke Kerinci.

” HKKN hanya mendorong dan mengusulkan, agar pemerintah daerah bisa melihat ini sebagai sebuah peluang ” ujar Syafril.

Reporter : lemy yose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here